strategi bersaing antar perusahaan

Posted: 04/11/2011 in Ekonomi Mikro, Ekonomi Strategi

Dalam sebuah perusahaan tidak jarang kita jumpai sebuah persaingan, baik persaingan dalam inofasi produk maupun harga produk. Bagi perusahaan baru tidaklah mudah untuk mencuri hati konsumen agar  mengkonsumsi produk-produk barunya. Selain belum dapat dipercaya oleh konsumen produsen baru juga belum mendapatkan efisiensi produksinya. Namun bagi perusahaan baru yang dapat memiliki inofasi terbaru dan menjual dengan harga yang murah dengan kualitas yang cukup baik maka produsen lama akan cukup kualahan dalam menangani perusahaan baru ini. Karena para konsumen yang setia menggunakan produknya akan berpindah hati keproduk yang baru tersebut, jika produsen lama juga tidak memperbaruhi inofasinya. Olehkarena itu, Bagi perusahaan lama kehadiran perusahaan baru yang memiliki inofasi-inofasi yang lebih baik memberikan ancaman baginya. Dalam hal ini ada beberapa strategi untuk menyingkirkan perusahaan.

Efisiensi Produk

Dengan cara mengefisienkan produksinya maka sebuah produk akan menghasilkan kuantitas yang maksimum dan harga yang minimum. Karena ketika sebuah perusahaan dapat berproduksi secara efisien maka produk yang akan dihasilkan berkuantitas tinggi dan memiliki price yang sangat rendah. Misalnya, sebuah mesin yang kapasitas produksinya dapat menghasilkan barang sebanyak 100 unit dalam satu hari, namun hanya digunakan dari jam 7.00 pagi hingga 17.00 sore, jadi masih sisa 14 jam/hari. Jika dalam satu bulan berarti mesin tersebut tidak bekerja selama 420 jam / 17,5 hari maka kuantitas produk yang dihasilkan akan tidak maksimal. Namun jika mesin tersebut digunakan selama 24 jam maka kuantitasnya akan lebih banyak dan pasti akan memerlukan modal produksi yang lebih kecil. Sehingga produksinya akan efisien. Sedangkan produsen baru masih jauh untuk mendapatkan efisiensi produknya.

Produk Membanjiri pasar

Jika membanjiri pasar dengan produk yang sama maka para konsumen akan lebih yakin untuk mengkonsumsi produk tersebut. Sehingga produsen baru cukup kesulitan dalam mempromosikan produknya jika hati para konsumen telah terpikat oleh produk yang lama tersebut.

Begitulah cara yang dapat digunakan sebagai produsen untuk mengalahkan pesaingnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s